PENYERAHAN SERTIFIKAT TER-AKREDITASI PARIPURNA OLEH KARS UNTUK RSJ PROVINSI BALI

Sabtu, 14 Januari 2017


Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali yang telah dinyatakan lulus Paripurna dalam Akreditasi yang diselenggarakan oleh Lembaga Akreditasi Nasional KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit), pada hari Senin tanggal 9 Januari 2017 dilaksanakan penyerahan Sertifikat Akreditasi Paripurna oleh KARS yang diserahkan oleh dr. Djoti Atmodjo, Sp.A, MARS selaku Sekretaris Eksekutif di Epicentrum Walk Lt. 7 unit 716 B Jakarta.

Acara ini merupakan momen yang membahagiakan bagi civitas hospitalia RS Jiwa Provinsi Bali, karena setelah berupaya selama berbulan-bulan sebelum penilaian akreditasi, kerja keras dari semua staf dan managemen RSJ Provinsi Bali terbalas dengan Status Akreditasi Paripurna yang diperoleh.

Proses pelaksanaan penilaian Akreditasi di RSJ Provinsi Bali dimulai dari dilaksanakannya Survey Simulasi pada tanggal 11 – 14 Oktober 2016 dan dilanjutkan dengan dilaksanakannya Survey Akreditasi pada tanggal 14 – 17 Nopember 2016.

Akreditasi rumah sakit merupakan suatu proses dimana suatu lembaga, yang independen, melakukan asesmen terhadap rumah sakit. Tujuannya adalah menentukan apakah rumah sakit tersebut memenuhi standar yang dirancang untuk memperbaiki keselamatan dan mutu pelayanan.

Proses akreditasi dirancang untuk meningkatkan budaya keselamatan dan budaya kualitas di rumah sakit, sehingga senantiasa berusaha meningkatkan mutu dan keamanan pelayanannya.

Proses kelulusan akreditasi terdiri dari kegiatan survey oleh Tim Surveior dan proses pengambilan keputusan pada Pengurus KARS. Tingkat kelulusan dan kriterianya adalah sebagai berikut:

1) Tingkat Dasar

2) Tingkat Madya

3) Tingkat Utama

4) Tingkat Paripurna

Pada tingkat Paripurna semua Bab penilaian (15 Bab) digolongkan Mayor dengan Nilai setiap Bab minimal 80 %, dan ditandai dengan simbol Bintang Lima (*****)

Untuk diketahui pula bahwa Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali disamping Akreditasi Rumah Sakit, juga telah memiliki sertifikat ISO 9001-2008, dan beberapa penghargaan seperti: Penghargaan citra Pelayanan Prima dari Pemprov. Bali Tahun 2012, Penghargaan Citra Pelayanan Prima dari Menpan-RB Tahun 2013, Piagam Lomba Kebersihan dan Pertamanan Kantor dari Bupati Bangli tahun 2016 dan Penghargaan No. 2 Lomba Kebersihan Kantor-kantor Tingkat Provinsi Bali tahun 2016.

Direktur RSJ Provinsi Bali dalam sambutannya dalam apel pagi rutin senantiasa menyampaikan bahwa hal ini merupakan hasil kerja keras dari semua stakeholder di RSJ Provinsi Bali, dan merupakan faktor pendorong agar dapat melayani pasien dengan lebih lagi. Hasil Akreditasi Paripurna ini harus dapat dipertanggung jawabkan melalui kinerja pelayanan RS yang berkualitas, yang sesuai dengan standar-standar dalan Akreditasi, serta dapat dipertahankannya prestasi yang telah diraih melalui status Akreditasi Paripurna dan peningkatan kinerja pelayanan.

Bagi konsumen/pasien RSJ, hal ini merupakan jaminan bahwa RSJ mengutamakan dan menjamin mutu dan keselamatan pasien. Semoga pelayanan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali dapat dinikmati dan memuaskan seluruh lapisan masyarakat di Bali dan sekitarnya.