NGAYAH

Jumat, 12 Agustus 2011

Dalam upaya untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan jiwa kepada masyarakat, berbagai upaya telah dilakukan Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali (RSJ Prov. Bali), baik melalui pelayanan medis maupun melalui pendekatan seni dan social budaya. Berkaitan dengan pendekatan kesenian dan social budaya tersebut pada hari Sabtu, 28 Mei 2011, sekaa gong wanita dan sekaa pesantian RSJ Prov. Bali ngayah di Pura Puseh Sidawa desa Tamanbali, Bangli. Tim kesenian RSJ Prov. Bali ini telah sering diundang untuk ngayah diberbagai kegiatan keagamaan.

Dr. Made Sugiharta Jasa, SP.K.J selaku direktur RSJ Prov. Bali sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan ini, karena melalui pendekatan seni dan sosial budaya pelayanan kesehatan jiwa lebih dapat diterima masyarakat. Menurut dr. Nyomman Sukartha, M.Kes, Wadir Pelayanan Medis, yang juga ikut dalam sekaa Pesantian ini mengatakan banyak hal yang dapat diambil dari kegiatan ini. Yang pertama dengan kegiatan ini para karyawan dan karyawati dapat melepaskan penat dari rutinitas tugas sehari-hari merawat pasien jiwa yang memerlukan kesabaran dengan menyalurkan bakat dan hobi megambel dan mesanti, sehingga pikiran bisa lebih fresh dalam menjalankan tugas. Manfaat yang kedua yang dapat diambil dari kegiatan ngayah ini, untuk lebih meningkatkan tingkat spiritual, rasa ikhlas dalam menjalankan tugas sehari-hari. Dan dari sisi Institusi hal positif yang dapat diambil adalah untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan jiwa kepada masyarakat. Sehingga secara tidak langsung kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan jiwa lebih meningkat.
Lebih lanjut kelihan pura Puseh Sidawa I Gusti Putu Dana, sangat menyambut baik dengan apa yang dilakukan oleh RSJ Prov. Bali, dan tidak menyangka karyawan RSJ selain bisa merawat pasien jiwa yang oleh masyarakat dianggap pekerjaan beresiko tinggi, masih sempat mengembangkan kesenian dan bahkan bisa melaksanakan swadarma ngayah. Dan tidak lupa juga Gusti Putu Dana menyampaikan terima kasih kepada RSJ Prov.Bali yang telah ikut menyukseskan pelaksanaan upacara karya agung di pura puseh Sidawa. (demanu)